Contoh Laporan Kegiatan Raimuna Pramuka – My Sekretaris

LAPORAN KEGIATAN RAIMUNA

Tingkat Daerah Jawa Barat XIII
Tahun 2017

1. Latar Belakang

Kepramukaan sebagai wadah pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga, dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak. Sesuai dengan tujuan akhir tersebut, maka salah satu kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega adalah Raimuna.

Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Yapen Timur, kabupaten Yapen Waropen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu Rai dan Muna. Rai berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan Muna adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Dengan demikian, raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Menurut lampiran SK Kwarnas nomor: 077/KN/78, Tahun 1978, tentang penjelasan/pengertian istilah Raimuna, mempunyai kiasan:
1. Kegiatan untuk Pramuka Penegak dan Pandega dalam suatu perkemahan yang mengandung unsur aktif, edukatif, rekreatif dan kreatif dalam suasana riang, gembira, penuh dengan rasa kekeluargaan dan berisi kegiatan kepemimpinan, gotong royong, bakti kepada masyarakat dan keagamaan
2. Kegiatan yang diselenggarakan untuk beberapa kelompok dinamis sesuai dengan tujuan dan kebutuhan masyarakat untuk menanamkan rasa persaudaraan, rasa sepenanggungan, sifat kesatria yang satu tujuan dan percaya diri sendiri.
3. Kegiatan yang dihadiri oleh “Karano” dalam wujud Pramuka Penegak dan Pandega puteri dan putera untuk menanamkan, mendalami, menyebarluaskan dan mengembangkan ilmu dengan teknologi agar dapat dijadikan bahan-baku baktinya dalam masyarakat dan bangsanya.

Raimuna adalah sarana untuk:
1. Membina dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, kecakapan, ketrampilan dan pengalaman Pramuka Penegak dan Pandega.
2. Membina dan mengembangkan kepemimpinan, kemampuan mengelola organisasi dan kegiatannya.
3. Memberi kesempatan dan kepercayaan kepada Pramuka Penegak dan Pandega untuk belajar serta menambah pengalaman dalam menyelenggarakan acara pertemuan besar dari, oleh dan untuk para Pramuka Penegak dan Pandega di bawah bimbingan dan pengawasan Pembina serta tanggung jawab Kwartir yang bersangkutan.
4. Mengadakan pertukaran pengalaman, pandangan, pendapat dan kecakapan di antara para Pramuka Penegak dan Pandega.
5. Membiasakan hidup bersama dan bergotong royong, serta menanamkan sifat toleransi dan kesetiakawanan.

Dari pengertian tersebut, Raimuna penting artinya bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, sebagai upaya memupuk rasa persahabatan, persaudaraan dan perdamaian melalui kegiatan dalam bentuk perkemahan.

2. Pelaksanaan

2.1. Nama Kegiatan

Raimuna Tingkat Daerah Jawa Barat XIII Tahun 2017, selanjutnya disebut Raimuna Jawa Barat XIII Tahun 2017.

2.2. Waktu dan Tempat

Hari : Senin – Senin Depan (1 Minggu)
Tanggal         : 07 – 14 Oktober 2017
Waktu       : Pukul 07.00 WIB s/d Selesai
Tempa : Bumi Perkemahan Letjen (Purn) DR (HC) H. Mashudi, Kiarapayung Camp

2.3. Peserta

Peserta adalah Pramuka Penegak Pandega Se-Jawa Barat. (Adapun utusan dari SMA Negeri Jatinangor sebagaimana dalam daftar terlampir).

2.4. Jenis Kegiatan

Perkemahan Pramuka kalangan Penegak dan Pandega.

2.5. Anggaran

Penerimaan :
1. Anggaran Sekolah
2. Kas Ambalan
Pengeluaran :
1. Biaya pendaftaran
TOTAL
1. Penerimaan
2. pengeluaran
2.6. Sumber Dana
1. Kas SMA Negeri Jatinangor
2. Kas Ambalan

3. Penutup

Demikian laporan ini kami sampaikan sebagai bentuk pertanggung jawaban kami dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Terima kasih

Jatinangor,     Desember 2017

Pengurus Dewan Ambalan
Ketua Dewan Ambalan Putera, Ketua Dewan Ambalan Puteri,





Pembina Pramuka Putera, Pembina Pramuka Puteri


Baca Juga