Makalah Renang Gaya Dada – My Sekretaris


MAKALAH
PEDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN

MANFAAT RENANG GAYA DADA TERHADAP KESEHATAN JASMANI

Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan


Disusun oleh 
     My  Sekertaris          161710199




SMA NEGERI 

2018



KATA PENGANTAR
Saya bersyukur atas kehadiran Allah SWT, karena dengan rahmat dan rahmat-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tulisan ini. Saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman. Amin

Akhir dari penulis berharap bahwa Tuhan akan membalas mereka, yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah. Amin Yaa Robbal 'Alamiin.

Sumedang, 15 Maret 2018  


Penyusun                



                                                                    DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ......................................... ... ....... . . . . . . . . . . . I
DAFTAR ISI ………………………………………………… .. …… II


BAB 1 PENDAHULUAN ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...  ... ... ... 1

A. Latar Belakang ………………………………… .. …………… . . .1

B. Tujuan ................................................... ............. . . . . . . . . . . . .. ... .1

C. Rumusan Masalah ..................................... ... .. . . . . . . ... .. ...... ..... 1


BAB II PEMBAHASAN ................................. . . . . . . . . . . . .............. 2

A. Definisi Olahraga Renang  . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  .. …… ..2

B. Apa itu Gaya Berenang Dada ……………… . … ......... ………… .2

C. Sejarah Berenang Gaya Dada ………………… . . . … .. …… ... ... 2

D. Manfaat Berenang Gaya Dada untuk Kesehatan Fisik ..................... 2


BAB III PENUTUP ... ........ ......................... . . . . . . . . . . . . ........... ... 5

A. Kesimpulan ……………………………………………………  . ...5

B. Kritik dan Saran …………………………… .. ………… .........  . . 5

DAFTARPUSTAKA .................................... . . . . . . . . . . .  . ......... .... 6



BAB I 
PENDAHULUAN

 A. Latar Belakang    Ada banyak jenis olahraga di dunia ini, salah satunya adalah berenang. Seperti yang Anda ketahui, berenang telah menjadi salah satu olahraga yang terlibat dalam olimpiade nasional dan internasional. Berenang Olahraga juga memiliki banyak jenis gerakan atau gaya yang dapat dipilih sesuai keinginan. Oleh karena itu penulis ingin mencari informasi tentang renang, gaya dada, dan pengaruhnya terhadap kesehatan fisik. Semoga tulisan ini dapat membantu pembaca untuk mengenal olahraga renang, terutama pengaruh gaya dada pada kesehatan fisik.

     B. Tujuan

    Menemukan informasi tentang olahraga Berenang gaya dada dan dampaknya pada kesehatan fisik. Semoga tulisan ini dapat membantu pembaca untuk mengenal olahraga renang.   

C. Rumusan Masalah        
         a) Apa gaya dada di kolam renang?
         b) Apa dampaknya terhadap kesehatan?



   A. Pengertian Olahraga Berenang

       
Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air, dan biasanya tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.


   B.     Apa Itu Renang Gaya Dada

 
Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

   Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas.


      C.    Sejarah Renang Gaya Dada

         
Manusia sudah berenang gaya dada sejak zaman batu seperti digambarkan dalam lukisan di gua perenang dekat Wadi Sora, Mesir barat daya. Gerakan kaki gaya dada diperkirakan meniru gerakan berenang katak. Di lukisan dinding yang dibuat orang Assyria dan lukisan relief yang ditemukan di Babilonia Pada tahun 1538, seorang profesor ilmu bahasa berkebangsaan Jerman bernama Nicolas Wynman menerbitkan buku berenang yang pertama, Colymbetes. Tujuannya menulis buku bukan untuk mempromosikan berenang, melainkan untuk mengurangi bahaya tenggelam. Meskipun demikian, buku tersebut berisi cara belajar gaya dada. Pada tahun 1696, pengarang Perancis Melchisédech Thévenot menulis buku The Art of Swimming yang menjelaskan berenang gaya dada yang serupa dengan gaya dada sekarang ini. Salah seorang dari pembacanya adalah Benjamin Franklin. Lomba renang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian besar perenang memakai gaya dada. Dalam lomba renang tahun 1844 di London, sejumlah perenang suku Indian ikut serta. Perenang Inggris menggunakan gaya dada sementara perenang suku Indian berenang gaya bebas. Hingga tahun 1873, orang Inggris lebih senang berenang gaya dada. Pada tahun 1875, Kapten Matthew Webb berhasil mencatatkan diri sebagai orang pertama yang berenang menyeberangi Selat Inggris.

         Selat selebar 34,21 km itu diseberanginya dengan berenang gaya dada selama 21 jam 45 menit. Olimpiade St. Louis 1904 adalah Olimpiade yang pertama kali mempertandingkan nomor gaya dada secara terpisah untuk jarak 440 yard (402 m). Pada waktu itu diperlombakan nomor gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas.


  D. Manfaat Renang Gaya Dada Bagi Kesehatan Jasmani

   
Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang telah dilakukan sejak lama. Perlombaan renang pertama kali di populerkan oleh Metthew Webb yang berasal dari Inggris. Sejak saat itu olahraga renang semakin populer. Dan pada tahun 1904 olahraga renang resmi diperlombakan pada olimpiade. Renang banyak digemari tidakhanya kaum hawa namun juga kaum adam. Ditambah lagi renang bisa dipelajar sejak kecil. Banyak anak kecil yang tertarik untuk mempelajari renang pertama kali menggunakan ban untuk menjaga mereka tetap mengapung diatas air. Dalam dunia renang banyaksekali gaya renang yang bisa dipakai. Kali ini kita akan membahas mengenai gaya renagn dada. Gaya renang dada mengjadikan bagian dada sebagai tumpuan sehingga gaya renang ini memiliki kecepatan yang lambat dibandingkan dengan gaya renang lainnya seperti gaya renang bebas. Disamping itu gaya renang dada memiliki manfaat dibidang kesehatan antara lain sebagai berikut

         a. Menjaga kadar kolesterol

             Kolesterol merupakan cairan berwarna kuning yang terdapat disekitar jantung. Manfaat kolesterol bagi jantung adalah untuk menjaga kesehatan jantung dalam kadar kolesterol yang cukup. Sedangkan kadar kolesterol yang tinggi tidak baik sama sekali bagi jantung karena akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah dan diedarkan keseluruh tubuh. Menjaga kadar kolesterol bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Contohnya menghindari konsumsi makanan dengan tingkat lemak yang tinggi. Selain itu menjaga kadar kolesterol juga dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Salah satu olahraga yang baik untuk menjaga kadar kolesterol adalah olahraga renang. Renang hanya memerlukan persiapan seperti pakaian renang, kacamata renang dan ban pengapung untuk istirahat sejenak. Gaya renang yang dapat Anda pelajari adalah gaya renang dada. Karena gaya renang ini mampu menjaga kadar kolesterol didalam tubuh.

      b. Diabetes

          Diabetes umumnya diderita oleh para orang tua yang telah berusia lanjut. Diabetes disebabkan karena kerja hormon insulin dalam tubuh yang terganggu. Diabetes beresiko menurun pada anak denga persentase 80% yang memiliki riwayat genetik yang sama. Diabetes dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan berolahraga. Berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan peredaran darah. Dengan giat melakukan olahraga seperti renang saja sudah mampu untuk mencegah penyakit diabetes. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu Anda bisa berenag sebanyak dua kali seminggu saja.

        c. Menghilangkan stress

       Manfaat renang dengan menggunakan gaya dada selanjutnya adalah menghilangkan stres. Faktor penyebab stres bisa dari rumah tangga atau kantor. Stres dikantor terjadi karena banyaknya tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan dengan limit waktu yang terbatas. Cobalah untuk mencari waktu luang dan liburan dengan keluarga. Pilih kegiatan saat melakukan liburan seperti renang. Dijamin rasa stres Anda akan hilang begitu seluruh tubuh Anda terkena percikan air dari kolam renang.

         d. Menurunkan berat badan

         Berat badan ideal adalah dambaan setiap wanita. Berat badan yang berlebih tentu sangat menganggu penampilan. Dan untuk mengetahui berat badan Anda termasuk berlebih atau tidak bisa menggunakan bantuan dari IMB. Jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan secara konsisten maka olahraga renang bisa menjadi andalan. Saat berenang dengan gaya dada secara langsung seluruh anggota badan ikut bergerak dan perlahan kalori akan terbakar menjadi energi. Cara kerja ini ampuh untuk menghilangkan lemak di tubuh dan hasilnya berat badan jadi berkurang.

         e. Panjang umur
      Orang yang senang bergerak untuk aktifitas ringan atau berat cenderung lebih memiliki umur yang panjang dibandingkan seseorang yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk berjam-jam lamanya. Dengan bergerak seluruh organ tubuh akan bekerja secara maksimal termasuk melakukan gerakan renang gaya dada.
BAB III
PENUTUP

A.
Kesimpulan :
Berenang adalah olahraga yang menyehatkan kesehatan tubuh dam memiliki bnyak gaya. Teruma renang gaya dada Namun seperti pada olahraga yang lainnya, olahraga berenang juga mempunyai manfaat dan resiko yang mampu menyebabkan kematian, oleh karena itu perlunya mempehatikan dengan detail mengenai perlengkapan renang dan tata cara dalam berenang agar anda bisa nyaman dan selamat ketika berenang.


Kritik dan Saran :
Sekian informasi yang dapat penulis jelaskan. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga Dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin…


 
 DAFTAR PUSTAKA



Baca Juga