Mau Wisata Religi Tapi Yang Dekat, Ke Semarang Saja, Tunggu Apa Lagi Ayooo.

Halo, Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, Salam Sejahtera untuk kita semua, Selamat Pagi.
Bagi Anda yang ingin berwista yang mengesankan dan tidak jauh Anda bisa memilih Kabupaten Semarang untuk menjadi tujuan holidays Anda bahasa Indonesia nya adalah untuk dijadikan tujuan liburan Anda. Sebelum kita lebih dalam lagi mengenai tentang Kabupaten Semarang kita akan membahasa dulu apa itu Kabupaten Semarang, baiklah kita mulai dari pendapat Wikipedia Indonesia " Semarang (Jawa: ê¦±ꦼꦩꦫꦁ) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kota Ungaran. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Semarang di utara; Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan di timur; Kabupaten Boyolali di timur dan selatan; serta Kabupaten Magelang,Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal di barat." Itu pendapat menurut Wikipedia, nah sekarang menurut saya, Kabupaten Semarang adalah sama hal nya dengan Kabupaten yang lain di Indonesia, bertempat di Provinsi Jawa Tengah dan Ibu kotanya adalah Kota Unggaran. Itulah pendapat saya, Ok baiklah setelah membahas apa dan dimana Kabupaten Semarang sekarang kita langsung menuju tempat wisata yang berada di Kabupaten Semarang, Monggo.
Baiklah kita akan mengunjungi Tempat Wisata yang barbau Keagamaan, hehe kok berbau, ya atau yang kita kenal sebagai wisata religi.
• Bagi Anda yang bergama Islam Anda dapat berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah

(Sumber : dolandolen.com)

Masjid Agung Jawa Tengah ini berlokasi di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha serta mampu menampung jamaah lebih kurang 15.000 orang. Disamping Anda dapat menikmati keistimewaan Masjid Agung Jawa Tengah ini antara lain : Al Husna Tower atau Menara Asma’ul Husna, memiliki halaman dengan luas 7.500 m2 dan luas bangunan utama dengan luas 7.669 m2 dan masjid ini dikompliti dengan fasilitas lain semisal auditorium, pemandu wisata, café muslim, kios cindera mata, museum kebudayaan Islam, ruang akad nikah, penginapan dll.
• Mesjid Kauman Semarang

(Sumber : www.semarangplus.com)

Masjid Kauman ini berlokasi di Jl. Alun-alun Barat Nomor 71 Semarang. Pembangunan masjid ini dengan tiga buah inskripsi yang kini masih tertempel di gapura utama masjid yang bertuliskan huruf Jawa, Latin, dan Arab. Tulisan di prasasti tersebut masih sangat jelas terbaca walaupun sudah usang dimakan usia. Hal ini sangat menarik untuk dikaji bahwa masjid ini adalah salah satu masjid besar dan berpengaruh dizamannya. Masjid ini juga banyak dikunjungi orang dari berbagai daerah. Meskipun Semrang sudah memiliki Masjid Agung Jawa Tengah.

• Masjid Raya Baiturrahman Semarang

(Sumber : Wisata Indonesia Terbaik)

Mesjid Baiturrahman ini berlokasi di Jl. Pandanaran No.126. Masjid Baiturrahman diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 15 Desember 1974. Keberadaan masjid ini hingga sekarang menjadi kebanggaan warga Semarang, apalagi lokasinya berada di pusat kota. Bangunan masjid berbentuk limasan dan berdiri di atas lahan seluas 11.765 m2. Saat ini Masjid Raya Baiturrahman tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah dan wadah berkumpulnya umat, melainkan juga pusat dakwah Islam.

• Gereja Blenduk

(Sumber : Visit Semarang)

Gereja Blenduk yang terletak di sebelah Selatan, kantor Kerta Niaga di sebelah Barat, ruang terbuka bekas Parade Plein di sebelah Timurnya. Mula-mula Gereja Blenduk di bangun pada tahun 1753, berbentuk rumah panggung Jawa, dengan atap yang sesuai dengan arsitektur Jawa. Tujuh tahun berikutnya diadakan kembali perubahan. Pada tahun 1894, gedung ini dibangun kembali oleh H.P.A. de Wilde dan W. Westmas dengan bentuk seperti sekarang ini. Yaitu dengan dua menara dan atap kubah. Keterangan mengenai Wilde dan Wetmas tertulis pada kolom di belakang mimbar.
• Pagoda Avalokitesvara Vihara Buddagaya

(Sumber : seputarsemarang.com)

Pagoda Avalokitesvara Vihara Buddagaya terletak do Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang. Pagoda Avalokitesvara atau biasa disebut Pagoda Metakaruna yang berarti pagoda cinta dan kasih sayang. Pagoda ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat yang dipercaya oleh umat Buddha sebagai dewi kasih sayang. Pagoda Avalokitesvara mempunyai tinggi 45 meter dan terdiri dari 7 tingkat yang menyempit ke atasujuh tingkat ini dimaknakan sebagai kesucian yang akan dicapai oleh pertapa setelah mencapai tingkat ke tujuh. Total patung yang ada di Pagoda Avalokitesvara berjumlah 30 buah.

• Klenteng Sam Po Kong

(Sumber : Wacana Nusantara)

Kelenteng Sam Po Kong adalah suatu petilasan–bekas tempat singgah–seorang pedagang China bernama Sam Po Tay Djien atau yang oleh umum dikenal sebagai Cheng Ho. Selain Gedung Batu, bangunan yang dapat dikunjungi di kompleks tersebut antara lain: Klenteng tua Kyai Cundrik Bumi, Kyai Jangkar Rumah Abu Hopeng, Mbah Kyai Jurumudi Dampoawang, juga ada Klenteng Hok Tjen (Tho Tee Kong). keunikannya, adalah kisah-kisah yang selalu mengundang penasaran. Barang-barang yang ada di tempat ini pun tentunya memiliki daya-tariknya tersendiri. Barang-Barang kuno yang ada di sana seperti patung, barang keramik China Kuno yang beraneka warna.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog
Pesona Kabupaten Semarang”, dan di-link-kan ke Website: www.kabsemarangtourism.com

Baca Juga