Contoh Proposal Lomba Pramuka LLA – My Sekretaris

PROPOSAL
KEGIATAN LLA (LOMBA LINTAS ALAM) SMANJA1.0 PRAMUKA PENGGALANG DAN PENEGAK SE-JAWA BARAT 2018


DISUSUN OLEH
PANITIA PELAKSANA



GERAKAN PRAMUKA
GUGUSDEPAN 15.079 – 15.080
SMA NEGERI JATINANGOR
TAHUN 2018

LEMBAR PENGESAHAN

PROPOSAL
KEGIATAN LLA (LOMBA LINTAS ALAM) SMANJA 1.0 PRAMUKA PENGGALANG DAN PENEGAK SE-JAWA BARAT 2018

Jatinangor, 1 April 2018
Panitia Pelaksana
Ketua Pelaksana,




MUHAMAD ALI
NTA. 09.11.15.079.0031
Sekretaris,




IRWAN GIRANA
NTA. 09.11.15.079.0100

Pembina Pramuka Putera,




ROMLI, S.P.-MT.
NTA. 09.11.15.079.0009 Pembina Pramuka Puteri,




ANIRA SULAKSANA, S.Pd.,M.M.Pd.
NTA. 09.11.15.080.0030


Menyetujui :
Kepala SMA Negeri Jatinangor
selaku Ka. Mabigus,




Drs. ADE ROHAENDI, M.Si
NIP. 19650910 199412 1 001
Mengetahui :
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan,




DR. MAMAN RACHMANA, M.M
NIP. 19631205 199403 1 006

1. LATAR BELAKANG
Gerakan Pramuka bertujuan membentuk manusia yang berkpribadian dan berwatak luhur, yang sehat jasmani dan rohaninya,  serta menjadi warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia  dan patuh kepada Negara Kersatuan Republik Indonesia sehingga menjadi anggota masyarakat yang berguna bagi bangsa dan negara. Karena itu, menjadi tanggung jawab Gerakan Pramuka untuk senantiasa mempersiapkan berbagai kegiatan edukatif yang menarik dan rekreatif untuk memberikan sebuah pendidikan kepada generasi muda sekarang, melalui sistem nilai yang berdasarkan kepada Kode Kehormatan, Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga Pramuka, untuk membangun  dunia pendidikan Indonesia menjadi lebih baik. Oleh karenanya Gerakan Pramuka perlu ditumbuhkan dan dikembangkan dikalangan anak dan kaum muda.  Nilai-nilai yang terkandung dalam Gerakan Pramuka diatas sangatlah cocok untuk kondisi saat ini yang terjadi ditengah masyarakat Indonesia akhir-akhir ini yang penurunan moral dengan munculnya kekerasan dan pelecehan seksual, serta terjadinya tawuran antar sekolah diantara anak-anak pelajar.
Dalam upaya meningkatkan dan melestarikan pendidikan kepramukaan, maka perlu adanya peningkatan kualitas maupun kuantitas generasi muda melalui berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa remaja saat ini sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan sifat karakter yang baik. Salah satunya dengan kegiatan menarik dan menantang yang dilakukan di alam terbuka.
Kini Gerakan Pramuka SMA Negeri Jatinangor bertujuan  menciptakan kegiatan yang searah dengan ungkapan diatas. Dewan Ambalan Sunan Gunung Djati - Dyah PotalokaGugusdepan Sumedang 15.079 – 15.080 SMA Negeri Jatinangor telah membuat program kerja tahunan demi terwujudnya kegiatan yang kreatif, inovatif dan menyenangkan yaitu sebuah adalah kegiatan yang dikemas dalam bentuk lomba lintas alam dengan diberi nama “LLA (LOMBA LINTAS ALAM) SMANJA 1.0 PRAMUKA PENGGALANG DAN PENEGAK SE-JAWA BARAT 2018”yang bertema “Melalui kegiatan LLA SMANJA 1.0 Mari kita kembangkan Pramuka yang berkarakter di era modern”

2. MASALAH DAN TUJUAN
a. MASALAH
Dalam beberapa tahun terakhir gerakan pramuka merasa kehilangan jati dirinya. Perkembangan zaman yang semakin modern membawa dampak terhadap pola pikir dan perilaku remaja, sehingga mereka menganggap gerakan pramuka adalah kegiatan yang kuno ketinggalan jaman. banyak remaja sekarang yang mengganggap bahwa kegiatan-kegiatan pramuka hanya akan membuang-buang waktu saja. Dan ada pula yang beranggapan bahwa kegiatan pramuka adalah kegiatan yang tidak lagi diperlukan di zaman sekarang ini.

b. TUJUAN
1) Meningkatkan Gerakan Pramuka menjadi lebih baik.
2) Memperkenalkan SMA Negeri Jatinangor kepada penggalang dan penegak Se-Jawa Barat.
3) Memberikan kesempatan kepada pramuka SMA Negeri Jatinangor untuk menambah pengetahuan, keterampilan dalam pengelolaan sebuah kegiatan.
4) Mempersiapkan generasi muda yang lebih baik dari generasi saat ini.
5) Menumpuk rasa solidaritas yang tinggi antar sesama anggota pramuka serta menjalin persatuan dan kesatuan.
6) Mengukur hasil dan kemampuan dari kegiatan yang mereka lakukan di gudep masing-masing.
7) Memperkenalkan alam sekitar Kecamatan Jatinangor.


3. RUANG LINGKUP KEGIATAN
a. OBJEK
Objek yang dimaksud adalah peserta yang terbagi menjadi 3 golongan:
1. Golongan A: Penegak pelajar SMA/SMK/MA sederajat se-Jawa Barat
2. Golongan B: Penggalang pelajar SMP/MTs sederajat se-Jawa Barat
3. Golongan C: Pelajar SMA Negeri Jatinangor

b. JENIS-JENIS KEGIATAN
Jenis kegiatan yang dimaksud adalah lomba dalam bentuk sebuah penjelajahan. Peserta diharuskan menyusuri rute sejauh 16 KM yang telah ditentukan oleh panitia dengan dibantu oleh tanda jejak yang akan dilewati 4 pos penilaian dan pos 5 (finish) yel-yel. Daerah yang akan dilewati adalah lingkungan alam sekitar Kecamatan Jatinangor. Pos-pos tersebut adalah:
1. POS 1 Pengetahuan Agama
2. POS 2 Pengetahuan Kepramukaan
3. POS 3 P3K
4. POS 4 IPTEK
5. POS 5 yel-yel

4. KERANGKA TEORITIS DAN HIPOTESIS
a. KERANGKA TEORITIS
Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Menurut Mertoprawiro Soedarsono (1992: 17), Kata Pramuka merupakan rangkaian dari tiga kata yaitu Pra yang merupakan singkatan dari Praja yang berarti rakyat atau warga negara, Mu adalah singkatan dari Muda, yang berarti belum dewasa dan Ka, yang merupakan singkatan dari Karana yang artinya adalah perbuatan, penghasilan, pertunjukan, aksi, tindakan, upacara, perusahaan, alat, pengertian, badan, pesawat. Dengan demikian Gerakan Pramuka berarti: gerakan rakyat atau warga negara yang masih muda (belum dewasa atau pemuda) yang sanggup dan mampu berkarya.
Menurut Zainal Aqib & Sujak (2011: 81), Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan kaum muda yang menyelenggarakan kepramukaan dengan dukungan dan bimbingan anggota dewasa. Sebagai gerakan pendidikan, usaha gerakan pramuka tidak lepas daripola dasar pendidikan nasional dan merupakan salah satu sarana pendidikan, disamping sarana pendidikan yang lain (keluarga, sekolah, kelompok sebaya, lingkungan kerja dan masyarakat).
Menurut Depag RI (2004: 45), yang dimaksud kegiatan kepramukaan adalah kegiatan ekstrakurikuler yang ditujukan untuk melatih dan membidik siswa melalui berbagai bentuk latihan yang berorientasi pada ketahanan hidup (survival of live), pembentukan kepribadian yang luhur, jiwa sosial dan solidaritas kemanusiaan. Pembinaan watak, kepribadian, dan akhlak mulia dilakukan melalui kegiatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kesadaran berbangsa dan bernegara, pengamalan moral pancasila, pemahaman sejarah perjuangan bangsa, rasa percaya diri, kepedulian dan tanggung jawab serta disiplin (Azrul Azwar, 2009: 30).
Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli, yang dimaksud kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah system pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

b. HIPOTESIS
Dengan dilaksanakannya lomba ini kami harapkan dapat menjadi sebuah pembelajaran untuk mencapai Pendidikan kepramukaan yang dapat membentuk karakter, moral dan pikiran akhlak mulia.

5. METODE
Dalam pembuatan proposal ini digunakanyaitu metode kuantitatif. Tujuannya untuk mendata secara rinci apa saja yang dibutuhkan dalam lomba yang kemudian bisa diajukan kepada pihak sekolah.

6. PELAKSANA KEGIATAN
a. PENANGGUNG JAWAB
Penanggung jawab pada lomba ini adalah Pembina Pramuka Putera dan Puteri gugusdepan SMA Negeri Jatinangor yaitu Romli, S.P.-MT dan Anira Sulaksana, S.Pd., M.M.Pd.

b. SUSUNAN PERSONALIA
Susunan personalia dalam kegiatan LLA (LOMBA LINTAS ALAM) SMANJA 1.0 PRAMUKA PENGGALANG DAN PENEGAK SE-JAWA BARAT 2018 adalah Sangga kerja Sunan Gunung Djati - Dyah Pitaloka dibantu oleh ekstrakulikuler yang bersangkutan. Adapun susunannya sebagai berikut:
1) Pelindung : Drs. Ade Rohaendi, M.Si
(Kepala Sekolah SMA Negeri Jatinangor)

2) Penasehat : Dr. Maman Rachmana, M.M
(Wakasek Kesiswaan)

3) KetuaPelaksana : Muhamad Ali

4) Sekertaris : Irwan Girana

5) Seksi Acara : Dhani Agustian Akbar

6) Bendahara : Hesty Lestari

7) Logistik : Novi Uswatun Hasanah
Robby Ramdhan
Suhaendang Nurjaya
Iren Fathieia Mutaqin

8) Konsumsi : Muhamad Ramdan
Ferry Dwi G
Erian Dwi Alfath

9) Keamanan : Septian Diputra
Risheki Nurhidayat
Herdianto

10) Kesehatan : Apri Sabgilas
Nuraida
Reggina Maharani Firdaus
Nadia Puspita

11) PublikasiDokumen : Hilda Meilani
Eirene P.P Giroth
Wulan Lestari
Syifa Masyitoh

12) Lapangan : Deni Ramdani
Galang Robbani
Nara Raihani

13) Penjaga Pos : Kenny Antoni
Indah Dahlia
Evi Triana
Putri Salsabila
Yonika Regina
Cintya Dewi A.Tya

14) Pengarah Rute : Sani Ulfa Sholihah
Shanti Syahreza
Kiki Solihin
Riseu Meisani
Sinta Amelia

7. FASILITAS YANG TERSEDIA
a. SARANA
Sarana yang dibutuhkan dalam kegian ini adalah sebagai berikut:
1) 2 Ruang Personalia
2) 28 Ruang Peserta (Barak)
3) 1 Ruang Konsumsi
4) Lapangan
5) 1 Ruang tempat penyimpanan trophy
6) Parkiran
7) Aula

b. PERALATAN
1) Sound sistem + Microphone
2) Panggung
3) Kursi
4) Meja
5) Papan Rute
6) Tali rapia
7) Bendera Wosm, Kitri dan Merah putih
8) Spanduk
9) Peralatan P3k

8. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN
a. KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN
Keuntungan yang didapat jika kegiatan ini terlaksana diataranya yaitu:
1) Menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan dan mencapai pribadi karakter, moral dan pikiran akhlak mulia anggota pramuka penggalang dan penegak se Jawa Barat.
2) Meningkatkan Kreativitas anggota pramuka se Jawa Barat.
3) Meningkatkan Ketangkasan, Kesehatan Tubuh, dan Semangat Jiwa Muda Anggota Pramuka.
4) Memupuk mental dan percaya diri.
5) Sebagai Refreshing dalam sebuah pembelajaran.
6) Membuat Pramuka Penggalang dan Penegak Se-Jawa Barat kenal dengan lingkungan kampus SMA Negeri Jatinangor serta lingkungan alam sekitar Kecamatan Jatinangor.
7) Menambah pengetahuan, keterampilan dalam pengelolaan sebuah kegiatan kepada anak-anak Pramuka dari SMA Negeri Jatinangor.
8) Pramuka menjadi generasi muda yang lebih baik dari generasi saat ini melalui kegiatan ini.

b. KEMUNGKINAN KERUGIAN
Sementara itu jika kegiatan terlaksana maka kemungkinan yang akan didapat diantaranya yaitu:
1) Terjadinya kelelahan pada peserta karena berlomba melintasi keliling Kecamatan Jatinangor kurang lebih 16 KM dalam waktu 5 jam tanpa jeda.
2) Terjadinya kecelakaan di jalan saat melintasi daerah-daerah yang curam, seperti pesawahan, sungai kecil, lading dan kawasa ncuram lainnya
3) Jaraknya yang jauh, panita akan sulit berkomunikasi dengan panitia yang lainnya.
4) Terjadinya hujan saat berlangsungnya perlombaan.
5) Rusaknya sarana dan prasana dari sekolah
6) Kotornya lingkungan sekolah

9. LAMA WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
a. WAKTU
Hari/tanggal : Minggu,  4 November 2018
Waktu : Pukul 07.00 WIB s.d selesai

b. TEMPAT
Tempat dilaksanakan lomba ini berada di Kampus SMA Negeri Jatinangor.

10. ANGGARAN BIAYA
Sumber dana yang kamiharapkan bersumber dari:
a. Sekolah
b. Sumbangan siswa
c. Pendaftaran peserta
d. Sponsorship
e. donatur




Secara rinci, kebutuhan anggaran kegiatan ini direncanakan sebagai berikut.

No Uraian Kegiatan Volume Kegiatan dan
Satuan Biaya Jumlah Biaya
1 Print Proposal 5 x Rp 10.000,00 Rp 50.000,00
2 Spanduk 5 x Rp 100.000,00 Rp 500.000,00
3 Peralatan panggung 1 x Rp 2.000.000,00 Rp 2.000.000,00
4 Bendera 10 x Rp 10.000,00 Rp 100.000,00
5 Print + Photo Copy Rp 200.000,00
6 Konsumsi
100 Orang x Rp 10.000,00 Rp 1.000.000,00
7 Piala
a. Piala Juara Umum
b. Piala Juara Favorite
c. Piala Juara Utama
d. Piala Harapan
3 x Rp500.000,00
5 x Rp 100.000,00
5 Set x Rp 150.000,00
5 Set x Rp 100.000,00
Rp 1.500.000,00
Rp 500.000,00
Rp 750.000,00
Rp 500.000,00
8 Sertifikat 200 lembar x Rp 2.000,00 Rp 400.000,00
9 Peralatan P3k Rp    250.000,00
10 Tali 10 x Rp                10.000,00 Rp    100.000,00
12 Papan 1 x Rp                  15.000,00       Rp      15.000,00
13 Cat 3 x Rp                  20.000,00 Rp      20.000,00
11 Jumlah Keseluruhan Rp 8.235.000,00

11. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, sebagai gambaran umum pelaksanaan kegiatan LLA (LOMBA LINTAS ALAM) SMANJA 1.0 PRAMUKA PENGGALANG DAN PENEGAK SE-JAWA BARAT 2018. Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. kerjasama dari semua pihak kami harapkan demi terlaksananya kegiatan ini.

Jatinangor,  1 April 2018
Panitia Pelaksana
Ketua Pelaksana,



MUHAMAD ALI
NTA. 09.11.15.079.0031
Sekretaris,



IRWAN GIRANA
NTA. 09.11.15.079.0100

Penanggung Jawab,
Pembina Pramuka Putera,



ROMLI, S.P.-MT.
NTA. 09.11.15.079.0009 Pembina Pramuka Puteri,



ANIRA SULAKSANA, S.Pd.,M.M.Pd.
NTA. 09.11.15.080.0030


Atas perhatian dan kerjasamanya kami panitia kegiatan LLA (LOMBA LINTAS ALAM) SMANJA 1.0 PRAMUKA PENGGALANG DAN PENEGAK SE-JAWA BARAT 2018 mengucapkan terimakasih.


12. DAFTAR PUSTAKA
Dudung, D. (2015). Pengertian Dan Sejarah Gerakan Pramuka Menurut Para Ahli.[Online].Tersedia:
http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-dan-sejarah-gerakan-pramuka-menurut-para-ahli/ [17 September 2015]

Faiz, A. (2013). Pengaruh Minat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Kedisiplinan Pada Siswa Kelas V Sd Se Gugus Ii Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. [Online].Tersedia:
http://eprints.uny.ac.id/9694/ [1 Februari 2013]

Rosyadi, A. (2016). Pengertian Pramuka :Pengertian Kepramukaan. [Online].Tersedia:
http://www.duniaperpus.com/2016/02/pengertian-pramuka-pengertian.html?m=1 [27 Februari 2016] 
13. LAMPIRAN LAMPIRAN


SUSUNAN ACARA

NO WAKTU URAIAN KEGIATAN TEMPAT
1 05.30-06.45 Registrasi peserta Pos piket pendaftaran
2 06.45-07.00 Persiapan upacara Lapangan Lapangan SMANJA
3 07.00-08.00 Upacara pembukaan Lapangan SMANJA
4 08.00-08.15 Cek kelengkapan peserta Lapangan SMANJA
5 08.15-09.00 Pemberangkatan peserta Lapangan SMANJA
6 09.00-13.00 Penjelajahan Rute wilayah kec. Jatinangor
7 13.00-16.15 Istirahat, shalat,
makan,hiburan Lapangan SMANJA
8 16.15-16.30 Persiapan upacara
penutupan Lapangan SMANJA
9 16.30-18.00 Upacara penutupan dan pengumuman kejuaraan Lapangan SMANJA
10 18.00 Bubar peserta Lapangan SMANJA



THROPY KEJUARAAN

1. Juara Umum Tetap penegak
2. Juara Umum Tetap penggalang
3. Juara Umum Tetap Pelajar SMA Negeri Jatinangor
4. Juara Favorit Tetap Penegak Putra
5. Juara Favorit Tetap Penegak Putri
6. Juara Favorit Tetap Penggalang Putra
7. Juara Favorit Tetap Penggalang Putri
8. Juara Favorit Tetap Pelajar SMA Negeri Jatinangor
9. Juara 1, 2 dan 3 Penegak Putra
10. Juara 1, 2 dan 3 Penegak Putri
11. Juara 1, 2 dan 3 Penggalang Putra
12. Juara 1, 2 dan 3 Penggalang Putri
13. Juara 1, 2 dan 3 Pelajar SMA Negeri Jatinangor
14. Juara Harapan 1, 2 dan 3 Penegak Putra
15. Juara Harapan 1, 2 dan 3 Penegak Putri
16. Juara Harapan 1, 2 dan 3 Penggalang Putra
17. Juara Harapan 1, 2 dan 3 Penggalang Putri
18. Juara Harapan 1, 2 dan 3 Pelajar SMA Negeri Jatinangor

Baca Juga